Pengenalan Bahasa Pemrograman Java


Halo semuanya, selamat datang di blog saya, IHY Programming (Iwan Hy Programming) yang membahas seputar bahasa pemrograman java dan bisa sampai ke android.

Di postingan kali ini, saya akan memperkenalkan kalian dengan bahasa pemrograman yang sudah cukup saya kuasai, dan juga ini merupakan bahasa pemrograman yang populer, yaitu Bahasa Pemrograman Java.

Ya meskipun Java sudah terancam karena adanya bahasa Pemrograman Baru yaitu Kotlin yang merupakan turunan atau perkembangan dari java.

Tapi tenang saja, belajar mulai dari java juga tidak masalah, karena menurutku sintaknya tidak begitu sulit untuk dipahami.

Oke, kita lanjut, cari tahu apa itu bahasa pemrograman Java.

Java adalah bahasa pemrograman yang dapat dijalankan di berbagai komputer termasuk telepon genggam. Bahasa ini awalnya dibuat oleh James Gosling saat masih bergabung di Sun Microsystems, yang saat ini merupakan bagian dari Oracle dan dirilis tahun 1995.

Bahasa java adalah bahasa yang berbasis OOP (Object Oriented Programming) atau Pemrograman Berorientasi Objek, yang artinya kode kode dalam java saling berkaitan dan berkelompok dalam bentuk kelas kelas sehingga mudah dipelihara atau dikelola.

Di tutorial kali Ini saya akan Menggunakan aplikasi AIDE - IDE for Java, C++, yang bisa diinstal di HP android teman teman IHY semua, maklumlah saya belum punya perangkat buat jalanin program java-nya di desktop :(. Jadi akan saya ajarkan bahasa pemrograman Java dengan praktik di aplikasi AIDE, nanti saya kasih link-nya di akhir tulisan.

Oh iya, adapun contoh atau kode dasar Java yakni sebagai berikut,

class HelloWorld{
    public static void main(String[] args)
    {
    	// Mencetak pesan Hello, World!
    	System.out.println("Hello, World!");
    }
}

Maka akan menghasilkan output: Hello World!, dan akan saya bahas cara menjalankan programnya di artikel yang lain.

Oke download dulu tool nya, ini link download AIDE bisa pilih yang original atau yang modified (mod), kalau saya pakai yang mod hehe, tenang aja, sejauh ini aman kok saya pakai yang mod, Tapi kalau mau yang original ya terserah.

Link download AIDE Original
Link download AIDE mod (modified) :

Silahkan download, dan sekian yang dapat saya sampaikan, jika ada pertanyaan jangan ragu untuk menanyakannya di kolom komentar, Terima Kasih sudah berkunjung ke blog saya, sampai jumpa lagi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Setup Apache2 Server dan PHP 8 di Android menggunakan Termux

Memasang dan menjalankan PHPMyAdmin pada Android

Array pada Java